Tinggalkan Pesan

Bismillahirrahmanirrahim,

Hm…

Untuk memperarat ukhuwah, menjalin silahturahmi, atau hanya sekedar ingin menulis, sok, bisa lewat halaman ini. Mau kritik, saran, nasehat, atau memeberikan tausyah juga boleh, diharapkan malah. Halaman ini khusus untuk komentar yang bukan tentang tulisan. Kalo mau komentar tentang tulisan, di bagian bawah tulisan masing-masing aja.

Diisi ya… bisa ngobrol sekalian

Comments
  1. blogsabrina says:

    ngobrol mah di Y!M..
    akhidenli tetap semangat..
    jangan lupain TK07,
    mereka butuh kamu.


    Denli answer: He…
    Gak pa pa atuh ukh, ngbrol bisa dimana aja.
    TK butuh saya?
    Hm…
    Saya juga butuh mereka atuh.
    Mari sama-sama berjuang, For Better TK.

  2. karin says:

    aww. kak den…………… ngapo potonyo jelek nian….la bebaso bandung pulo….cak iyesss. woi, cak mano la ado kemajuan belum???la sering mandi kaaaaannnn… baunyo masih tinggal disini. lam dari amal. kapn balek??caknyo ni jadi mujahid muda niannne…^^ pesen kami fokuske belajar b,,inget cita-cita euy. da dulu yyy. da da ba bayyyyy. wasss

    Denli answer: Waalaikumsalam wr wb. Foto jelek? hehe… Alhamdulillah walaupun jelek2 gini, tetap ciptaan dan karunia Allah. Hm… Ayin seneng nian memutarbalikan fakta, bukannyo yang seneng dak mandi tu ayin yo. hehe….

  3. nia says:

    ass,smangat den dlm dakwah ini ingat janji Allah itu pasti.

    Denli answer: Jazakumullah Khairon Katsiro

  4. rani says:

    jan sombong nian,mtang la dibandung dide igt nagi ngen tanjung payang….


    Denli answer: InsyaAllah

  5. rani says:

    kak doain ya adek ikut panitia khusus pemilihan raya gubernur fkip.kemarin ada bentrok dengan salah satu tim sukses salah satu kandidat hampir saja adek kena.besok lusa kita pemira merka ngincern adek dkk yang kemarin ikut rapat dengan meraka rencana mulai besok adek disembunyiin.doain adek n teman2 disini tdk apa2.adek kangen dgn kalian semua kapan ya bisa ketemu?

    Denli answer: InsyaAllah didoakan.

  6. smanpala student says:

    assalamualaikum..
    kak den,,kayakx ukhuwahx cm fokus k umi ana yech.. uh..dak adiLLLL..
    kak,, kak agung ado blog jg dak??


    Denli answer: Waalaikumsalam. Dak adil yo? iya deh, kk belajar agar lebih adil lg. hehe…

  7. anak lampung says:

    kak aku pengen pulang dan ikut acara itu tapi aku ambil semester pendek.aku sedih banget.kapan lagi ada waktu untuk kumpul bersama2 teman lagi.adek kangen dengan semuanya,adek kangen dengan suasana sekolah,adek kangen dengan guru2nya,adek kangen dengan suasana belajar dan semunya tentang sekolah.adek pengen teriak knpa mesti kayak ni?aku pengen teriakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    Denli answer: “Ukhuwah itu bkn terletak pd pertemuan,bkn pd manisnya ucapan dibibir, tp pd ingatan seseorang trhdp saudaranya d dlm doanya (Imam Al Ghazalai)”

  8. anak lampung says:

    kak doain ya adek tetep istikomah.doain adek juga bisa selesain kuliah tepat waktu.semoga g ada rintangan.kak jangan pernah putus komunikasi dengan adekj yo.adek butuh dukungan dari orang2 didekat adek.salam to agung.aku kangen kamu marah dan senyumnya.bilangin ma dia nantikanku dibatas waktu,he…he….

    Denli answer: InsyaAllah didoakan selalu…
    Btw, ni anak lampung yang mana? Rani ya?

  9. Beranda Buku says:

    Maaf kang, mo minta bantuan. Kami dari Lembaga Beranda Buku ada rencana mo ngadain olimpiade math&science. kalo kang denli mungkin punya contoh proposal olimpiade, boleh kami minta filenya? itu akan sangat2 membantu kami.

    syukron jazakalloh


    Denli answer: Proposal olimpiade yang gimana kang/teh???
    Maksudnya soal-soal olimpiade ya?

  10. canggih kali kynya antum ni

    Denli answer: Canggih??? hehe… Allahuakbar!!!

  11. zuhair says:

    Mas Denli, salam dari kawan seperjuangan di 10306xxx..🙄

  12. rudi says:

    assalamualaikum

    salam kenal akhi
    dr saudara antum yang berada di banjarmasin

  13. Ferlyn says:

    Aslkm..
    aih cacam, pecaknyo kali ini aq yang gaptek..
    Kiro2 buat desain blog cak kw ckmn lah den, pacak ngajari????
    Jazkmlah..
    q tunggu blesannyo..
    bles ke email b yeh.

  14. fircom lahat says:

    salama kenal dari ppc fircom lahat sakses selalu buat kamu

  15. blogsabrina says:

    assalam..
    na saking gapteknya..
    gatau knp commentnya bisa di closed.. T_T

    Ammonium sulphate, (NH4)2SO4
    Ammonium nitrate, NH4NO3
    Urea, CO(NH2)2
    Single superphosphate (SSP), Ca(H2PO4)2 + CaSO4
    Triple or concentrated superphosphate (TSP), Ca(H2PO4)2
    Ground rock phosphate (mineral phosphate)

    ayo!!smangattt!

  16. blogsabrina says:

    NME no.1 aja na salah…
    yang laen jwbanya bada 1.6..
    knapa na jwabannya 4.3 T_T

    hix..nomer3 na ga selese..
    cuma sampe neraca massa overall aja..
    so stupid.
    T_T

    masih ada 12 jam buat “nermo”

    smangatttt.berikan yang terbaikk..
    aaaminn

  17. BSB says:

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
    Akhi, apa kabar? Ana boleh download di sini, kan? Sukron.

  18. masbadar says:

    aslmkm, pakabar..?
    lagi down ngeblognya..?

  19. Riri says:

    To: Websites administrator.
    Re: Replacement of domain http://www.ui.edu to http://www.ui.ac.id

    Dear Sir,
    Greetings from the university of Indonesia.
    I would like to inform you that from August 2008, the University of
    Indonesia (Universitas Indonesia) has changed its web domain and returned
    to http://www.ui.ac.id , based on the consideration that we use Indonesia (id)
    domain.

    We notice that in your web you have a link to our domain and would be very
    grateful if you could change the link in your web to http://www.ui.ac.id to point
    to our university.
    We appreciate you eagerness to collaborate with us, and look forward for
    further collaborative work with University of Indonesia’s member.

    Yours Sincerely

    Riri Fitri Sari
    CIO/ Head of Information Systems Development and services of the
    University of Indonesia
    7th floor Kampus Baru UI Depok 16424 Indonesia
    riri@ui.ac.id

  20. vote says:

    DON’T VOTE STAY MUSLIM

    Apa hukumnya orang-orang yang terlibat dalam pemilihan umum dan yang memberikan suara (nyoblos) ?

    Segala puji bagi Allah Yang Maha Kuasa dan semoga keselamatan dan Rahmat-Nya senantiasa terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarga dan para sahabat, serta seluruh pengikutnya.

    Agar dapat menjawab pertanyaan yang sangat penting tentang berpartisipasi di dalam pemilu dan memberikan suara untuk para calon legislatif, baik DPR maupun DPRD, Kita harus mengetahui realitas atau hakikat fakta, karena kaidah syara’ menyatakan bahwa bagian paling penting untuk menilai suatu persoalan adalah memahami persoalan tersebut atau mengetahui hakikat faktanya.

    Dalam hal ini kita harus mengetahui realitas atau hakikat fakta dari dua hal, yaitu;

    1. Badan legislatif (DPR atau DPRD) yang mana beberapa calon ingin berpartisipasi di dalamnya dan,

    2. Pemilihan dimana orang-orang terlibat di dalamnya yaitu dengan memberikan suara (nyoblos).

    Kita harus ingat bahwa bagian dari ke-Imanan dan percaya kepada Allah SWT adalah At-Tauhid yang berarti mematuhi, mengikuti, menyembah dan meng-agungkan Allah SWT semata, tanpa menyekutukan Dzat-Nya atau gelar-Nya dengan sesuatu yang lain, dan sebaliknya menyekutukan Dzat-Nya dan gelar-Nya dengan segala sesuatu yang lain adalah perbuatan syirik, yang menyebabkan seseorang keluar dari Islam, dan itulah mengapa At-Tauhid sebagai dasar dari rukun Islam. Salah satu dari gelar-gelar-Nya adalah Ia adalah Maha Pembuat Hukum (Al-Hakim) dan Maha Memerintah (Al-Mudabbir) dan Dia mempunyai hak kekuasaan yang mutlak untuk memerintah dan membuat hukum, yang tak satupun dapat menggantikan kekuasaan mutlak-Nya ini. Allah SWT berfirman:

    ”Keputusan itu hanyalah Kepunyaan Allah” (QS 12 : 40)

    Dan Allah juga berfirman :

    “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasulnya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka.Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasulnya maka sungguhlah dia akan sesat, sesat yang nyata” (QS 33 : 36)

    Setelah menentukan dua fakta di atas marilah kita meneliti realitas atau hakikat fakta dari Dewan legislatif.

    Para pakar hukum menyebutkan bahwa Badan Legislatif adalah lembaga untuk mengesahkan hukum, sedangkan orang yang bergabung di dalamnya disebut anggota dewan, yaitu para wakil dan utusan rakyat yang telah dipilih oleh rakyat (baik pusat maupun daerah).

    Tidak ada perbedaan diantara mereka, baik yang ada di Negara-negara Timur atau Barat bahwa fungsi utama dari dewan legislatif (parlemen) adalah untuk membuat hukum (Undang-undang). Oleh karena itu, kita dapat menyebutkan beberapa tugas utama dari Badan Legislatif (DPR/DPRD) adalah : Membuat dan mengesahkan Undang-undang (UU)

    Adapun sumber-sumber pembuatan UU di DPR/DPRD adalah :

    1. Pikiran dan keinginan-keinginan dari para wakil rakyat dan menteri sebagai wakil rakyat.
    2. Lembaga-lembaga Internasional atau juga disebut hukum Internasional.

    Aqidah sebagian besar orang-orang di dunia sekarang ini adalah sekularisme, yang menyatakan bahwa :

    Tuhan hanya mempunyai kedaulatan di surga atau di dalam masjid atau di gereja dan tempat-tempat peribadatan, sebaliknya manusia yaitu rakyat mempunyai kedaulatan di bumi dan seluruh aspek kehidupan, kecuali agama.

    Menurut aqidah sekulerisme, agama adalah suatu urusan pribadi antara seseorang individu dengan Tuhan atau sesuatu yang diagungkan seperti matahari, sapi, patung, orang, dan lain-lain.

    Ini adalah realita yang terjadi di badan legislatif (parlemen) dan dasar bagaimana badan tersebut dibangun.

    Mengenai realitas ‘nyoblos’; pemilih atau orang yang memberikan suaranya, mempunyai kedaulatan umum karena rakyatlah yang membuat hukum untuk urusan mereka sendiri di dalam masyarakat. Karena mereka memiliki kedaulatan, maka mereka menentukan suatu mekanisme dalam memilih para wakilnya, yang menjadi wakil rakyat untuk membuat hukum(UU) dan memerintah atas nama kepentingan-kepentingan mereka sendiri.

    Hal ini diwujudkan dalam prinsip politik sekuler (demokrasi) yang menyatakan bahwa :

    ‘Dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat’

    oleh sebab itu kita dapat menyimpulkan bahwa rakyat berhak untuk membuat hukum atau undang-undang.

    Realitas dari pemilih adalah dia sebagai orang yang memilih wakilnya, yang menghasilkan fakta bahwa dia juga bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan oleh wakilnya. Tugas para wakilnya disini adalah membuat hukum (UU) supaya dapat mengatur semua kepentingan rakyat.

    Ringkasnya, badan legislatif (DPR/DPRD) atau parlemen (dalam sistem politik Barat) adalah sebuah badan yang membuat hukum (UU), rakyat adalah raja, dan sumber pembuatan serta penetapan hukum (UU), dan para wakil rakyat dipilih oleh rakyat untuk membuat serta menetapkan hukum (UU) atas nama rakyat.

    Hukum terhadap hal ini adalah :

    1. Seseorang yang percaya bahwa Allah SWT bukan satu-satunya pembuat hukum (UU) dan penguasa tunggal, adalah seorang yang tidak beriman (kafir).

    2. Seseorang yang percaya kekuasaan Allah SWT tetapi menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain dan menentang bahwa dia sebagai pembuat hukum dan penguasa tunggal adalah seorang yang musyrik yang menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain.

    3. Seorang muslim yang memberikan suara untuk memilih wakilnya, dan telah mengetahui bahwa badan legislatif (DPR/DPRD) adalah sebuah lembaga untuk membuat hukum (UU) adalah seorang yang ingkar terhadap agama.

    4. Seorang muslim yang berpartisipasi dalam pemilihan untuk menjadi seorang wakil rakyat (DPR/DPRD) dan dia telah mengetahui realitas badan legislatif (parlemen) adalah seorang yang ingkar terhadap agama.

    5. Seorang muslim yang tidak mengetahui realitas badan legislatif (parlemen) dan dia memberikan suara maka dia berdosa, karena dia tidak mencari status hukum dari perbuatannya, sebelum melaksanakan perbuatan tersebut. Kaidah syara’ menyatakan bahwa setiap perbuatan, lisan atau fisik, harus didasarkan pada hukum syara’ yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-sunnah.

    6. Seorang muslim yang berpartisipasi nyoblos untuk memilih para wakilnya, apakah wakilnya itu muslim atau non muslim, karena mendasarkan tindakan pada suatu pendapat yang menyesatkan dari seorang rasionalis sekuler atau ulama sekuler, maka persoalan ini harus dijelaskan kepadanya. Karena pemahaman bahwa Allah adalah satu-satunya pembuat hukum adalah sesuatu yang harus diketahui dari Dienul Islam sebagai suatu kebutuhan, sehingga ketidaktahuan tentang hal ini tidak bisa dijadikan sebagai sebuah alasan, oleh karena itu dia berdosa.

    7. Keadaan yang bisa dijadikan alasan untuk terhindar dari kesalahan itu adalah orang yang baru masuk Islam (muallaf), atau seorang yang betul-betul bodoh dan atau seseorang yang tidak mengetahui tentang sesuatu yang seharusnya diketahui sebagai kebutuhan dari Dienul Islam dikarenakan dia hidup di bawah hukum kufur dan hidup di tengah-tengah orang-orang non muslim. Persoalan ini harus dijelaskan kepada mereka tetapi jika mereka tetap melanjutkan untuk memberikan suara (nyoblos) karena mengatakan bahwa mereka mempunyai pendapat yang berbeda maka mereka berdosa.

    Dalil syar’i untuk fatwa di atas adalah firman Allah SWT :

    “Dengan kembali bertaubat kepadaNya dan bertakwalah kepadaNya serta dirikanlah sholat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah.” (QS. 30 : 31)

    Juga firman Allah :

    ”Dan dia tidak mengambil seorang pun menjadi sekutunya dalam menetapkan keputusan” (QS 18 : 26)

    Dan juga sudah sangat dikenal dalam Islam bahwa hukum apapun selain hukum Allah adalah Thaghut dan Allah mengancam orang-orang yang merujuk kepada Thaghut :

    “Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang telah diturunkan dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada thaghut padahal mereka telah diperintahkan mengingkari thaghut itu.Dan syetan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya” (QS 4 : 60)

    Telah disampaikan mengenai keadaan tentang ayat di atas bahwa orang-orang munafik mengaku dirinya muslim tetapi ketika berselisih, mereka justru merujuk kepada keputusan-keputusan yang diciptakan para wakil rakyat (ketika itu) sebagai pembuat hukum (UU) seperti Amru Bin Luhay,Al-Khuzaa’ie dan Ka’ab Bin Al-Ashraef bersama-sama dengan para rahib, pendeta dan para wakil rakyat yang lain yang telah terbiasa membuat hukum (UU) untuk mereka, daripada merujuk kepada Rasulullah dan hukum yang telah ditetapkan oleh Allah Yang Maha Kuasa.

    Mengenai orang-orang yang telah tersesat dan telah jatuh pada kemungkaran dan kemaksiatan yang nyata ini Rasulullah SAW berkata “

    “Salah satu yang sangat saya takutkan dari ummatku adalah adanya pemimpin-pemimpin yang sesat yang mengarahkan sebagian dari ummatku untuk menyembah berhala dan mengarahkan sebagian yang lain untuk mengikuti orang-orang musyrik”.

    Sehingga siapapun yang memilih dan mengikuti para pembuat hukum (UU) yang sesat tersebut, maka nyata-nyata mereka telah memilih seorang raja untuk membuat hukum (UU) untuk mereka. Hal ini berarti mereka telah menyekutukan Allah karena mencipta hukum dan memerintah hanyalah hak Allah semata.

    ”Manakah yang baik, Tuhan-tuhan yang bermacam-macam itu ataukah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa? Kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya menyembah nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya.Allah tidak menurunkan suatu keterangan mengenai nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain dia. Itulah agama yang lurus tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui” (QS:12:39-40)

    Hal ini adalah realitas suatu aqidah baru yang menyatakan bahwa kedaulatan di tangan manusia yang telah diikuti sebagian besar orang sekarang ini. Oleh karena itu apapun yang telah dilakukan seseorang sebagai perbuatan yang baik dan juga apapun yang telah dilakukan seorang muslim seperti sholat, puasa dan perbuatan baik yang lain, tetapi setelah itu melakukan kemungkaran ini dan tidak bertaubat dari kemungkaran ini maka seluruh perbuatan baiknya itu menjadi sia-sia, Allah SWT berfirman :

    ”Itulah petunjuk Allah, yang dengannya dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendakinya diantara hamba-hambanya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amal-amalan yang telah mereka kerjakan”(QS 6 : 88)

    Dan bagi orang-orang yang mengatakan bahwa kami tidak menyebut mereka ‘Pencipta’ tetapi kami hanya menyebut mereka ‘Pemerintah’, maka mereka harus segera mengingat firman Allah SWT :

    ”Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah Tuhan Semesta Alam” (QS 7 : 54)

    Oleh karena itu tidak seorangpun yang diperbolehkan untuk disekutukan dengan-Nya, sebagai Dzat yang Maha Pencipta sama halnya tidak seorang pun yang berhak untuk menyekutukan-Nya, sebagai Dzat Yang Maha Memerintah dan Dzat Yang Maha Membuat Hukum.

    Mengenai orang-orang yang telah disesatkan oleh yang lain dan telah melakukan kemaksiatan ini, maka itu adalah sebuah kesalahan mereka, kami menasehati mereka untuk takut kepada Allah dan tidak melakukan kemaksiatan ini lagi, karena Allah SWT akan mengampuni hambanya yang telah melakukan suatu perbuatan tanpa kesengajaan, tetapi dia tidak akan pernah mengampuni hambanya yang melakukan perbuatan itu dengan sengaja, sampai mereka berhenti dan minta ampun kepadanya. Allah SWT berfirman :

    ”Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu”(QS 33 : 5)

    Sehingga kesalahan yang dilakukan tanpa kesengajaan adalah akan diampuni seperti yang telah diceritakan oleh Rasulullah SAW tentang seorang Badui yang telah kehilangan ontanya di padang pasir bersama dengan seluruh pakaian dan airnya dan kemudian dia menemukan ontanya setelah kehilangan seluruh harapan hidupnya dan telah bersiap menghadapi kematian. Allah SAW mengirimkan ontanya kembali kepadanya dan dia memohon seraya berkata : “Ya Allah kamu adalah Hambaku dan aku adalah Rajamu. Berkenaan dengan hal ini Rasulullah SAW berkata “Sesungguhnya dia melakukan kesalahan itu karena dia tenggelam dalam kebahagiaan”.

    Sangatlah berbeda antara orang yang memilih atau memberikan suara karena ketidaktahuan, mengira bahwa apa yang dilakukannya itu adalah perbuatan yang baik dengan orang yang melakukan kejahatan itu dengan sengaja. Dia mengajak orang-orang untuk berpartisipasi dalam pemilihan dan memberi suara, mengumpulkan dana, kampanye, mendirikan posko-posko, menulis dan menyebarkan selebaran, mengundang para wakil rakyat di rumah Allah (masjid) memberi mereka hadiah, menjamu mereka dan bahkan mengorbankan Tauhid agar dapat dipilih atau dapat memberikan suara karena mengira mereka mendapatkan keuntungan darinya. Adalah sangat berbeda orang-orang seperti ini dengan seorang Badui yang telah disebutkan dalam cerita di atas yang melakukan kesalahan karena ketidaksengajaan.

    Akhirnya kami ingin menekankan disini bahwa tujuh fatwa di atas tidak termasuk orang-orang yang memilih atau memberikan suara karena di bawah tekanan dan paksaan, atau murni karena ketidaktahuaan, atau orang yang telah disesatkan tanpa ada penjelasan padanya. Ini adalah salah satu dari malapetaka yang telah mempengaruhi kehidupan kaum muslimin di belahan bumi ini.

    Kami berdo’a kepada Allah SWT semoga mereka segera sadar akan kesalahannya dan semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk beraktivitas dalam rangka melaksanakan perintah-Nya dan menegakkan agama-Nya, sehingga kedaulatan hanya milik Allah semata, dan kejayaan Islam segera menaungi seluruh bagian bumi ini. Segala Kemuliaan dan Pujian semata-mata hanya untuk-Nya.

    Ya Allah…saksikanlah, kami telah menyampaikannya !

  21. Numpang Mampir mas Denli…

  22. benjozz says:

    kak po khabar numpang nuless22…………btw kuliah di bandung biaya hidup na mahal ngak ya?czz ak pengen kuliah dsano…………..

  23. kayin says:

    kak denli………………………………..

    sombong ye!!!!!!!!!

    q kirim testi di fs, nedo dibales…
    dem q kirim lewat ini y…

    dak apo kan????/

    kak, ado adek q nyari soal olim kebumian, ado ke kak ye!!!!!!!!

    kak, sibug yo???????

    succes always follow me n you my brotha_^

  24. titik says:

    assalamualaikum .
    salam kenal ka denli .

  25. muslimshare says:

    Aslkm.. Den, tuker link blog kito yuk..
    jadike blogroll.
    http://muslimshare.wordpress.com.
    Jzk..

  26. muslimshare says:

    Den, caranya nampilin gambar di sidebar keg gimana y??
    harus ke photobucklet dulu yoh..
    Regard

  27. adilahat says:

    Assalamu’alaykum Maz Denli
    Lam knal yaa
    ni jeme lahat pule
    hehe

  28. BSB says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Mampir dlu ah d sni. Sdh lma g’ k sni. P kbr, Akh? Mudah2n sehat2 sj, y. Enak ya bs nge-net trus. He. . . . Btw, ni: http://students.itb.ac.id/~denlishabwah/Lain-lain/IPanak.html u/ ap, Akh? ^^

  29. Ass.
    kay fahluq akh,
    ck mno keadaan di ITB???

    berkobar tinggi panaskan bumi
    membakar ladang dan rumah kami
    darah syuhada mengalir suburkan negeri
    tiadakata lagi kami harus kembali

    Allahu ghoyuatuna
    Arrasul khuduatuna
    Alqur’an dusturuna
    Aljihad fisabiluna
    Almautufi sabillilah asma ammanina

    ALLAHU AKBAR

  30. Assalamu’alaykum.. akh.
    salam kenal dari saya, semoga bisa merekatkan ukhuwah..

  31. fit says:

    asslkm. saya anak social sains….lagi pusing buat siap-siap osn ips smp. tolong dunk kak….jika punya kumpulan soal-soal ips smp kirim ke email saya. makacih…

  32. ardiansyah2 says:

    assalamualikum… salam kejayaan…. numpang bertandang ke rumah saudara yang lamo dak ketemu… mumpung ado tempat betanyo…. kunjung balik kawan. kasih masukan ke blog yang sangat sederhana. hamasdidadaku.blogspot.com

  33. assalamualikum… salam kejayaan…. numpang bertandang ke rumah saudara yang lamo dak ketemu… mumpung ado tempat betanyo…. kunjung balik kawan. kasih masukan ke blog yang sangat sederhana.

  34. depok says:

    salam kenal.
    saya dari didepok.com
    apakah tertarik mengikuti program partnership dengan didepok.com?

    silahkan cek link: http://didepok.com/bantuan/blogger-depok-partnership.html

  35. aya says:

    butuh soal olimpiade intrnasional kang buat tugas kuliah plus j

  36. Salim says:

    Assalamu’alaikum. .
    Kang!!! wilujeng salam silaturahim nyak!!!

    salimsakata.wordpress.com

    Salim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s