KKBS: Komunitas Keren Bank Syariah

Posted: May 28, 2010 in Tak Berkategori

muamalat

Bank Syariah bukan bank yang hanya bisa digunakan oleh agama tertentu. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa komunitas yang berbasiskan Islam bisa menjadi sasaran yang lebih mudah dalam memperkenalkan bank syariah ini. Ide kreatif pernah muncul dalam organisasi yang saya ikuti, yaitu Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB.  Idenya yaitu membuat Kartu Tanda Gamais (KTG) berupa kartu ATM salah satu bank syariah dengan tujuan sebagai identitas organisasi sekaligus mempromosikan penggunaan bank yang menerapkan nilai-nilai Islam. KTG ini sedang dalam tahap penyusunan konsep dan pendaftaran peminat.  Selain itu ide kreatif juga dilakukan Rumah Amal Salman ITB yang mengharuskan setiap penerima beasiswa bervisi untuk mempunyai kartu pengenal yang juga merupakan kartu ATM salah satu bank syariah.

Yang akan Aku Lakukan Agar Semakin Banyak Orang Menggunakan Bank Syariah

Dua contoh nyata yang dilakukan GAMAIS ITB dan Rumah Amal Salman ITB menginspirasiku untuk mengembangkan ide KKBS (Komunitas Keren Bank Syariah). Idenya sederhana, bank syariah mengajak kerja sama komunitas-komunitas untuk membentuk KKBS. Sebagai langkah awal, saya tawarkan untuk membuat KKBS di lingkungan Masjid Kampus, Lembaga Dakwah Kampus, dan Kerohanian Islam (Rohis) SMA.

Contoh Penerapan Ide

Penerapan Komunitas Keren Bank Syariah (KKBS) dapat bervariasi sesuai dengan keadaan komunitas masing-masing. Sebagai contoh, saya membangun konsep KKBS di lingkungan Yayasan Pengembangan Masjid (YPM) Salman ITB. Konsep ini merupakan pengembangan dari konsep penggunaan kartu ATM bank syariah. Anggota yang tergabung dalam KKBS Salman akan mendapatkan  kartu ATM bank syariah dengan berbagai kegunaan. Adapun rincian kegunaan dari kartu ATM KKBS Salman ini adalah sebagai berikut:

1. Kartu ATM

Fungsi dasar kartu ATM sebagai alat untuk menarik, mentransfer, dan transaksi keuangan lainnya tetap akan dipertahankan

2. Tanda Pengenal

Kartu ATM KKBS dilengkapi dengan nama pemilik, foto pemilik, dan logo KKBS Salman, sehingga kartu ATM bisa menjadi tanda pengenal. Target pemilik kartu ATM KKBS ini adalah orang-orang yang beraktivitas di lingkungan Salman ITB yang dapat dibagi menjadi beberapa kategori:

  • Pengurus dan Pembina

Terdiri dari dosen-dosen ITB dan alumni ITB yang melaksanakan kegiatan harian dan pengawasan terhadap YPM Salman ITB.

  • Lembaga

Merupakan lembaga-lembaga profesional yang menjalankan bidang-bidang tertentu, seperti Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Lembaga Kaderisasi (LK), Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD), Lembaga Pengembangan Ekonomi Syariah (LPES), Lembaga Pengkajian Islam (LPI), dan Lembaga Muslimah Salman (LMS).

  • Unit Kegiatan Mahasiswa

Merupakan unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada di Salman, seperti Karisma, Pendidikan Anak Salman (PAS), Pustena, Salman Film Maker, Majelis ta’lim Salman, dan Saintika.

  • Pegawai

Merupakan pegawai-pegawai tetap di Salman pada bidang keamanan, kebersihan, dan logistik.

  • Peserta kursus

Terdiri dari anggota kursus yang ada di Salman yaitu kursus bahasa arab, tahsin, persiapan haji, sekolah pra nikah, dan parenting school.

  • Penerima Beasiswa

Merupakan penerima beasiswa yang diberikan YPM Salman yang meliputi Beasiswa Bervisi, Beasiswa Rumah Visi, Beasiswa Kampoeng Bangkit, Beasiswa Mu’azin, dan Beasiswa Asrama Visi.

  • Alumni

Terdiri dari alumni-alumni yang pernah beraktivitas di unit kegiatan mahasiswa atau lembaga Salman.

  • Jamaah

Merupakan jamaah umum yang datang sehari-hari ke Salman. Pada umumnya yang termasuk kategori ini adalah civitas akademika ITB yang beragama Islam.

3. Kartu Perpustakaan

Kartu ATM KKBS ini dapat pula berfungsi dalam peminjaman buku di perpustakaan Salman ITB.

4. Kartu Diskon

Dengan berjasama dengan pihak Kantin dan Toko Istek Salman, ATM KKBS dapat pula digunakan untuk memperoleh diskon pada pembelian dengan ketentuan-ketentuan yang disepakati bersama. ATM KKBS juga dapat digunakan untuk memperoleh diskon dalam program kursus bahasa arab dan kursus-kursus berbayar lainnya di Salman.

5. Akses Internet Gratis

Saat ini Salman sudah berupaya untuk penyediaan akses komputer dengan internet gratis namun masih kesulitan dalam hal pengaturan. Kehadiran ATM KKBS diharapkan mampu menjadi solusi untuk regulasi pemakaian fasilitas tersebut.

6. Kartu Izin Menginap

Gedung asrama Salman lantai 3 dan 4 menyediakan beberapa kamar untuk keperluan penginapan gratis untuk maksimal 3 hari. Namun seringkali fasilitas ini tidak dimanfaatkan karena adanya ketidakjelasan mengenai syarat dan ketentuan untuk menginap. Pemilik ATM KKBS dapat menggunakan fasilitas menginap maksimal 3 hari hanya dengan menunjukan ATM ini.

Peluang Promosi dan Analisis Jumlah Konsumen

Program Komunitas Keren Bank Syariah (KKBS) ini dapat menjadi sarana promosi yang efektif, berkah, dan bermanfaat bagi bank syariah. Saran yang saya berikan, bank syariah memulai program KKBS dari Masjid Kampus dan Lembaga Dakwah Kampus. Analisis mengenai pertambahan jumlah konsumen bank syariah akan diuraikan sebagai berikut:

– Analisis Konsumen Masjid Kampus

Pada contoh uraian mengenai Masjid Salman di atas, dengan banyaknya kategori konsumen (pengurus, pembina, lembaga, unit kegiatan mahasiswa, pegawai, peserta kursus, penerima beasiswa, alumni dan jamaah), dapat diperkirakan jumlah konsumen berpotensi sekitar 500 orang. Misalkan hanya 20% konsumen yang berminat, maka didapat 100 peserta KKBS dari Salman. Menurut data dari Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (liat: http://amki.org/?page_id=94), terdapat 85 kampus yang menjadi anggotanya. Dengan bekerjasama dengan AMKI, bank syariah bisa meningkatkan pengguna KKBS. Apabila 20 kampus saja yang bersedia bekerjasama, maka dapat diestimasi 20×100 pengguna ATM KKBS baru.

– Analisis Konsumen Lembaga Dakwah Kampus

Sesi pertama pendaftaran Kartu Tanda Gamais ITB telah menghasilkan peminat sekitar 100 orang. Lembaga Dakwah Kampus yang serupa dengan ITB yang tergabung dalam Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) ada di hampir perguruan diri tinggi. Apabila hanya 15 Lembaga Dakwah Kampus saja yang berminat, maka dapat dibuat 15×100 ATM KKBS baru.

Untuk tahap selanjutnya, bank syariah dapat mengembangkan kerjasama dengan berbagai komunitas lainnya yang lebih besar.

Keuntungan Bersama

Komunitas Keren Bank Syariah (KKBS) akan menguntungkan setiap pihak yang terlibat. Pihak bank syariah akan mendapatkan kesempatan promosi kreatif yang besar secara gratis karena proses pengajakan dan pendaftaran peminat dilakukan oleh masing-masing komunitas. Pihak komunitas juga akan mendapatkan keuntungan seperti kerapian pendataan anggota, regulasi fasilitas, dan mendapatkan identitas bersama. Seiring dengan kedua pihak sebelumnya, anggota komunitas akan mendapatkan berbagai fasilitas dan kemudahan.

Diluar segala manfaat dunia, semua pihak KKBS akan mendapatkan pahala dan berkah karena sudah berusaha dan menjalankan tuntunan Islam dalam dunia perbankan.

liat tulisan ini di: http://ib-bloggercompetition.kompasiana.com/2010/05/28/kkbs-komunitas-keren-bank-syariah/

Comments
  1. Mas Badar says:

    Bank Syariah belum sepenuhnya bebas riba. jadi apakah sebaiknya tetap kita gunakan?

  2. rambo says:

    Ide yang bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s